28 April 2008

Satu Kartu ATM, berlaku di 5 negara ASEAN

Ini berita menarik, tentunya. Terutama bagi anda yang kerap mengunjungi negeri jiran, tak akan repot lagi membawa uang tunai. Dalam forum petinggi bank sentral se Asia Tenggara atau The South East Asian Central Banks (SEACEN) yang berlangsung di Thailand pekan lalu, telah lahir kesepakatan interkoneksi kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Negara-negara Asia Tenggara.

Kesepakatan interkoneksi ini akan mewujudkan transaksi kartu ATM lintas Negara atau cross border transaction di kawasan Asia Tenggara. Interkoneksi antar Negara Asia Tenggara mulai berjalan di tahun ini. Pada tahap awal, interkoneksi baru berlaku di 5 negara Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia dan Filipina.

Agenda yang telah disepakati pecan lalu itu juga sudah sampai pada nama dan logo jaringan interkoneksi. Nama resmi jaringan interkoneksi itu adalah Asia Payment yang disingkat menjadi Asia Pay. Kata ASEAN tak jadi digunakan agar tak rancu dengan Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara, yang kerap disingkat ASEAN.

Jenis transaksi melalui jaringan Asia Pay adalah penarikan tunai, transfer uang, dan cek saldo. Biayanya tergantung jenis transaksi. Perkiraannya Cuma sekitar Rp. 10.000,- per transaksi.

Cara kerja interkoneksi cukup sederhana. Di masing-masing Negara, setiap bank akan terkoneksi melalui jaringan perusahaan switching local. Nah, yang bertugas menjadi penghubung antar perusahaan switching di tiap Negara adalah perusahaan telekomunikasi milik pemerintah Singapura, Singapore Telecom (SingTel).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar