24 Juni 2008

Layanan Bhinneka.com Sangat Mengecewakan!

Sungguh menjengkelkan, sebuah toko online sebesar bhinneka.com memberikan layanan yang kurang profesional. Ini saya alami minggu lalu, saat saya membutuhkan sebuah eksternal hard-Disk dan DVD-RW untuk PC di kantor. Karena sudah lebih tujuh tahun kantor saya menggunakan bhinneka.com sebagai acuan harga, maka saya langsung membuka website-nya untuk mencari 2 macam barang tersebut.

Setelah mendapatkan 2 macam barang yang tertera di website, saya menghubungi (salah satu cabang) bhinneka.com via telepon yang ada di Cibubur Junction, dengan pertimbangan lokasi ini dekat dari kantor. Begitu saya sebut nama barang yang dicari, langsung dijawab stock lagi kosong dan ditawarkan jenis dan merek lain saja. Saya bilang di website masih ada, kenapa dibilang kosong? Lucunya, jawabannya lebih aneh, mungkin itu yang di bhinneka.com pusat, sehingga perlu waktu sekitar 30 menit untuk cek lagi. Saya diminta menutup telpon.

Benar, 30 menit kemudian saya dihubungi dan dibilang barang memang ada. Tetapi kalau mau pesan (ini perlu dua hari kerja katanya) harus ngasih DP dulu, dan itupun tidak ada kurir yang mengantar, jadi harus ambil sendiri di Cibubur Junction. Lha ini kan berarti saya harus datang 2 kali ke bhinneka.com, pertama ngantar DP dan kedua saat ambil barang. Betapa tidak praktisnya! Disamping itu, harga yang disebutkan selisih US$ 2 untuk masing-masing barang, katanya mungkin yang di website belum di update.

Tidak mau ribet, saya hubungi pusatnya bhinneka.com sore harinya (Senin, 16 Juni 2008). Diterima Sales yang bernama Titi. Layanannya bagus, data saya yang memang sudah ada di database bhinneka.com di update, dan kemudian disebutkan barang ada, harga sesuai di website, dan akan diantar hari Rabu (18 Juni 2008) dengan biaya antar Rp. 30.000. Saya setuju, karena hari Selasa (17 Juni 2008) saya kebetulan keluar kota.

Hari Rabu (18/06/2008) seharian saya di kantor menunggu, tapi kurir tidak datang, ditelpon pun juga enggak. Hari Kamis (19/06/2008) sama saja, tidak ada kabar. Hari Jumat (20/06/2008) tidak ada perubahan, sehingga sekitar jam 4 sore saya telpon Titi, jawabannya barang belum ada, sudah dis-continued (lho, ini apa-apaan? Kemarin katanya ada dan siap dikirim, sekarang beda lagi?). Saya disuruh nutup telpon dan akan dihubungi sebelum jam 5 sore untuk kepastian. Nyatanya, sampai jam 12 malam (batas hp saya on), tidak ada yang menghubungi saya.

Karena sudah capek dengan perlakuan bhinneka.com, hari Minggu (22/06/2008) sekitar jam 11 pagi saya kirim SMS ke Titi bahwa saya membatalkan pesanan. Jujur saja, saya kurang bisa menerima perlakuan semacam ini. Bagaimanapun juga, saya adalah pelanggan mereka (karena saya pernah belanja dengan cara yang sama dan tidak ada masalah). Ini sebuah layanan yang tidak seharusnya dilakukan oleh bhinneka.com, dan sama sekali tidak sepadan dengan nama besar yang disandangnya.

Dan sejak saat ini, saya tidak akan pernah merekomendasikan bhinneka.com lagi pada siapapun (termasuk yang membaca tulisan ini) untuk urusan apapun!

1 komentar:

  1. Iya mas..saya waktu hari jum'at pesen hardsik enclosure di bhineka.com,harga sudah sesuai sekitar 150rb-an, saya bilang transaksi pembayaran setelah barang diantar cash ditempat, 2 jam kemudian saya ditelpon lokasi saya di Tanah abang, eh dia bilang mas di tangerang yah?, wah langsung saya jawab,lho saya mah di tanah abang, trus dia tanya alamatnya lagi, saya beritahu,engga lama dia bilang trus soal pembayaran sudah tau kan?saya tanyakan lagi mang berapa pak bukannya udah sesuai tadi, lalu dia bilang harganya 15 juta,wahh..saya terheran2,lho hardisk enclosure kan harga diwebya cm 12 dolar + ongkos kirim jadi 150 rb rupiah?,kenapa jadi 15 juta?? dia bilang lho mas bukannya pesen notebook?Tuwewewewww...hehe,mas salah orang coba liat di catatannya lagi saya ga pesen gituan...brok telpon ditutup sambil minta maaf...udah 3 harian saya tunggu ga dateng2, akhirnya saya telpon lagi dan sambil saya ceritakan kejadian kemarin,langsung dia bilang owh yaudah mas saya coba carikan didatabase kami tentang data anda, lho2..catet aja dulu mas pesenan dan alamat saya,ntar kalo engga ada gimana?dia bilang oh iya yah..hehehe (sambil tertawa dalam hati)dia menegaskan bahwa hari ini paling cepet sore (saya mesennya dari pagi) tapi bisa saja besok atau lusa baru dateng,okeh ga pa2 jawab saya..tidak lama ternyata siang tidak sampai sore barang datang, sudah terima pembayaran dan terima barang, selesai..eh esok paginya saya ditelpon oleh orang bineka,dia bilang "mas maaf nih barang ga bisa di anter kemarin dan sekarang ada beberapa hal yang menyebabkan itu", saya heran dan langsung menjawab lho saya udah terima barang dari kemarin mas udah bayar juga,hehehe...(mungkin orang itu jadi malu kali), sambil bilang oh kalo gitu ini kesalahan didatabase kami mungkin ada yang double,kalo gitu maaf ya mas dan terima kasih atas pesanannya....saya hanya heran aja dengan semua kejadian ini...

    BalasHapus