27 Agustus 2008

Hari Ini Blog-ku Dapat PageRank 1 dari Google

Mungkin yang sudah biasa nge-blog – atawa keseharian bergelut dengan dunia website – sudah tak asing dengan istilah PageRank, yang menurut Wikipedia artinya: sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Masih menurut Wikipedia – habis mau referensi yang lain, takut artinya nggak pas sih, hehehe… -- cara kerja PageRank ini adalah sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10. Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.

Jujur saja, aku sendiri yang masih gaptek, kurang memahami bagaimana Google bisa memberi ranking – dan memang tidak pernah mau memikirkan hal-hal njelimet ini – pada setiap website atau blog. Cuma, dari 4 (empat) blog yang pernah aku buat (yang diurus maupun tak terurus) 2 blog bahasa Indonesia mendapat PageRank 1, 1 blog bahasa Inggris mendapat PageRank 2, dan 1 blog lagi (bahasa Inggris juga) PageRank-nya masih 0.

Nah, blog-ku yang satu ini – yang hampir setiap hari aku isi tulisan – tadi pagi sudah mendapatkan PageRank 1. Seneng juga sih, habis blog lainnya yang jarang aku tengok aja cepat dapat PageRank-nya, tapi yang ini malah lamaaa… banget dapatnya. Padahal, segala usaha dan nasehat dari para sesepuh blog Indonesia sudah aku “contek” habis-habisan, hehehe…

Its okay.., dengan dapat ranking dari Google, kayaknya – ada harapan – aku akan jadi lebih seneng dan rajin nge-blog lagi deh. Waduuuh.., norak dikit boleh donk…, hahahaha…?!

AddThis Feed Button


8 komentar:

  1. wah selamet ya mas.. kapan ya blogku ber PR.. :)

    BalasHapus
  2. wah saya mash 0 euy... perlu banyak belajar lagi keknya... :D

    tp da yg bilang klo webnya pk inggris akan lebih cpt krn yg akses kan seluruh dunia ...:D

    BalasHapus
  3. hiiiiihiiiii selamat yah.... sukses dapet ranking 1, gimana sih caranya supaya dapet ranking 1... belajar yang rajin kali ya hehehee

    BalasHapus
  4. Duh jadi ngiri bos... Selamat ya, ahirnya dapat nilai juga :)

    BalasHapus
  5. Iya, selamat ya, dapat ranking 1 di google, tinggal aku nih dapet engga ya ranking 1, semoga kita jadi pengikut di google 10 besar berikutnya, oke

    BalasHapus
  6. salam kenal mas.. saya termasuk yang bingung nih tentang PR.. blog saya yang pertama cepet banget dapet page rank tapi blog saya yang kedua lambreta banget dapet PR 1..

    trims...

    BalasHapus
  7. selamet ya mas..! mas tukeran link dong..! link blog mas dah saya pasang di blog saya..!

    Ini Blog saya :
    http://itcommunion.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. enak ya dapet PR1,,tapi sekarang udah 3..kasih tips nya donk..... :)

    BalasHapus