19 Agustus 2008

Kabar Gembira, Tahun 2009 Gaji PNS Naik 15%

Kalau anda termasuk dalam kategori Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan hari Jumat (15/8/2008) kemarin menyimak dengan seksama Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia – Susilo Bambang Yudhoyono – serta Keterangan Pemerintah atas RAPBN 2009 Beserta Nota Keuangannya dalam Rapat Paripurna DPR, pasti akan bersorak gembira sekaligus bersyukur. Sebab, tahun depan pemerintah bakal menaikkan gaji pegawai negeri sipil (PNS), tentara, polisi, dan pensiunan. Tak hanya itu, para abdi Negara juga akan mendapat gaji ke-13 serta perbaikan system pembayaran pensiun. Untuk besaran kenaikan gaji pokok dan pensiun, Pak Presiden menjanjikan rata-rata 15%.

Dalam penjelasan lebih lanjut dari Presiden, kebijakan mendongkrak upah tersebut tak lepas dari upaya pemerintah memperbaiki kinerja birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Nah, untuk mewujudkan gaji baru bagi semua PNS, tentara, polisi dan pensiunan tersebut, pemerintah siap membuka keran keuangannya sebesar Rp. 143,8 triliun. Itu artinya, naik sekitar Rp. 20,2 triliun atau 16,4% ketimbang tahun sebelumnya. Menurut hitungan Presiden, selama empat tahun memerintah negeri ini, pendapatan pegawai golongan terendah sudah dinaikkan hingga 2,5 kali lipat. Dari Rp. 674.000 sebulan pada 2004 lalu, menjadi Rp. 1,721 juta di tahun 2009 nanti.

Menanggapi rencana pemerintah menaikkan gaji pegawai negeri tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui Wakil Ketua Panitia Anggaran, Harry Azhar Azis (Fraksi Golkar), bahwa pemerintah memang sudah menyampaikan ke DPR. Tapi, DPR menilai kenaikan itu masih belum seimbang dengan laju inflasi – sehingga harga-harga kebutuhan pokok melonjak – sehingga kalaupun pemerintah mengusulkan 20% DPR sepertinya juga tidak keberatan.

Sekedar mengingatkan kembali, pemerintah juga telah menyiapkan sistem penggajian baru untuk seluruh pegawainya. Cara baru itu berbasis pada beban kerja. Maksudnya, pemerintah member gaji PNS sesuai tanggung jawab dan resiko kerja. Jadi, walau ada di golongan yang sama bisa saja upahnya berbeda. Bukan cuma itu, dalam sistem baru tersebut PNS yang ditempatkan di daerah terpencil juga mendapatkan tunjangan khusus. Enak bukan?
AddThis Feed Button

4 komentar:

  1. ya kalau menurut saya kenaikan gaji pegawai negeri yang hanya 15% tidak sesuai dengan harapkan dibandingkan dengan kenakan gaji guru yang luar biasa besarnya.yang kalau dipersentasikan waktu kerjanya lebih besar tanggung jawabnya pegawai di bagian pemerintahan yang hal itu lebih penekannanya kepada pelayanan publik.jadi menurut saya kenaikan gaji untuk pegawai negeri haruslah sama-sama di setarakan

    BalasHapus
  2. al hamdulillah, smoga bisa mengimbangi dengan lajunya inflasi, dan semoga disetarakan antara struktural dengan fungsional, karena waktu kerjanya jelas lebih banyak dari fungsional, dari jam 07 pagi s/d 15.30 setiap hari, belum lagi kalo lembur bisa sampai malam bahkan sabtu minggu masuk, gajinya tetap tidak ada tambahan, kalo fungsional paling sampai pk 13.30 bahkan ada variasi jam/hari mengajar serta hari kosong mengajar, enak kali kerja variatif gaji buanyak,

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum,saudaraku semuanya aku punya utang Rp.300 jt.ke rentener dan ke BANK buat biaya operasi ibu saya, walau akhirnya ibu saya meninggal, rencana rumah akan di sita, satu-satunya peninggalan ibu saya, tolong yaa ALLAH gerakan hati para dermawan utk membantuku ke BNI no.rek.0146383316 .berapapun bantuannya 50rb atau 100rb sangat berarti bagi saya, terima kasih semoga amal kebaikannya di balas berlipat ganda oleh ALLAH SWT.amiin.

    BalasHapus
  4. selamat ya
    makan tuh gaji! biar kalian makin gendut2.. saya bingung sama pegawai para pegawai negeri, tetutama para aparat pemerintahan yg masih minta naik gaji terus, sementara kalian kerja jam 3 siang (paling lambat) sudah pulang, fasilitas lengkap, asuransi, pensiun, kematian, perumahan, pendidikan, belum lagi adanya kesempatan memperkaya diri dengan sistem birokrasi yg dibuat2 dan tunjangan jabatan yang gak masuk akal... sementara kerja kalian untuk melayani masyarakat bisa dikatakan spt lintah penghisap darah... padahal, semestinya kalian sadar diri kalau gaji kalian dari kami-kami pegawai swasta dan wirawasta yg harus kerja dengan pagi sampai malam dan dipotong pajak penghasilannya untuk makan dan perut kalian.. Sekali lagi selamat gan!

    BalasHapus