10 September 2008

Google (akan) Membuat Proyek Internet Murah di Negara Berkembang

Meski ini (nantinya) tidak diperuntukkan negara Indonesia (hehehe… kasihan juga nih!), tapi upaya “memperkenalkan” internet ke negara-negara berkembang di wilayah Afrika, yang akan dilakukan Google, Liberty Global dan HSBC Bank, patut diacungi jempol.

Seperti yang diberitakan Bloomberg beberapa waktu silam – juga di Reuters ada di beritakan – bahwa Google bersama bank terbesar Eropa, HSBC, dan operator kabel Liberty Global, sedang merancang sebuah proyek ambisius. Mereka berniat menyediakan akses internet murah dengan kecepatan tinggi di Afrika dan sejumlah Negara berkembang. Financial Times mengungkapkan, proyek ini bernilai US$ 750 juta.

Dan rencananya, proyek ini bernama O3b yang merupakan singkatan dari “Other 3 billion people”. Karenanya, ketiga perusahaan tadi membentuk perusahaan patungan O3b Networks Ltd.

Nantinya, o3b akan menyediakan koneksi internet via satelit yang menjangkau Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Timur Tengah. Kinerja sambungan internet ini bakal tak kalah dengan internet yang berbasis serat optik di negara-negara maju. Selain itu, sistem ini akan berhubungan dengan jaringan 3G dana menara Wimax.

Dan yang diharapkan, sistem baru ini dapat mengurangi biaya sambungan internet bagi operator telekomunikasi dan penyedia jasa internet (internet service provider). Jaringan O3b akan dibangun oleh Thales Alenia Space, dan rencananya akan mulai beroperasi pada tahun 2010. Nah, kita tunggu saja, kayak apa sih hasilnya?


AddThis Feed Button





Tidak ada komentar:

Posting Komentar