02 September 2008

Sarah Palin, Calon Wakil Presiden AS dari Partai Republik

Sebenarnya aku tak begitu tertarik untuk mengikuti perkembangan pemilihan presiden (yang akan terjadi) di Amerika Serikat. Kalau toh beberapa kali aku menulis di blog ini, itu karena tertarik dengan Barack Obama yang berkulit hitam dan pernah sekolah di Jakarta. Cuma, minggu ini ada lagi yang menarik, dan membuat aku tergelitik untuk menulisnya, yaitu ditunjuknya Sarah Palin – perempuan, 44 tahun – sebagai calon wakil presiden dari Partai Republik mendampingi John McCain.

Menarik, karena Palin yang Gubernur Alaska – dilantik Desember 2006 – itu ternyata dulunya adalah pembaca berita olahraga di salah satu televisi AS, dan pernah menjadi Miss Wasilla di tahun 1984. Dan, pilihan kandidat presiden dari Partai Republik, John McCain, memilih ibu berumur 44 tahun dengan lima anak ini bisa menjadi penyeimbang bagi McCain (72) yang jika terpilih akan menjadi presiden AS tertua yang pernah dipilih.

Salah satu tujuan Palin dipilih bisa jadi untuk menarik suara kaum perempuan dan penentang aborsi pada kampanye Partai Republik. Akan tetapi, usia muda serta minimnya pengalaman di pemerintahan dan politik nasionalnya bisa menjadi kelemahan Palin.

Berikut sekelumit profil Sarah Palin, yang disarikan dari AP dan Reuters :


* Palin adalah wanita pertama dan termuda yang disumpah menjadi Gubernur Alaska pada Desember 2006. Lahir di Sandpoint, Idaho, 11 Februari 1964. Palin pindah ke Alaska bersama orangtuanya saat masih bayi.

* Palin menjadi orang kesayangan kalangan konservatif Amerika karena pemotongan pajak, melawan aborsi, dan isu lainnya. Kehadirannya bisa menopang McCain meraih suara Partai Republik basis Kristen.

* Sebelum menjadi gubernur, di bekerja di Dewan Kota Wasilla dan juga sebagai Wali Kota. Kemudian, Palin ditempatkan di Komisi Konservatif Minyak dan Gas Alaska.

* Palin menjengkelkan pecinta lingkungan dengan menentang pemasukan beruang kutub sebagai spesies terancam namun mendukung eksplorasi migas di lepas pantai Alaska.

* Palin yang besar di Wasilla, 48 kilometer dari Anchorage, belajar ilmu jurnalistik dan politik di Universitas Idaho. Pernah bekerja di bisnis pemancingan bersama suaminya dan pernah menjadi pembaca berita olahraga.
* Palin melahirkan anaknya yang kelima, laki-laki (Trig), 23 April 2008.


AddThis Feed Button

2 komentar:

  1. ga cuma cantik, tapi juga sangat cerdas ya bu sarah palin.. hebadddh!! bisa dibilang dia wonderwoman atw superwoman lah.. :D

    BalasHapus
  2. Baru baca di koran ternyata dia punya anak perempuan kalo gak salah usianya 17 tahun yang sedang mengandung di luar nikah. Dan bapaknya atau bapak mertuanya pernah ditangkap polisi sewaktu masih muda. Kayaknya media disana lagi heboh urusan ini nih.

    BalasHapus