03 April 2010

Memudarnya Superioritas Tim Liga Inggris di Champions League 2010

Runtuh sudah dominasi tim-tim liga Inggris di pentas Liga Champions Eropa – tahun 2010 ini – setelah wakil terakhir Inggris di perempat final, Manchester United, gagal melewati wakil Jerman, Bayern Munich. Memang, Manchester United di pertandingan kandang menang 3-2, tetapi secara agregat (4-4) kalah memasukkan gol tandang dengan tim Bavarian tersebut. Di kandang Bayern Munich, kesebelasan besutan Alex Fergusson tersebut kalah 1-2.

Kalau dirunut ke belakang, memang superioritas tim dari daratan Inggris sulit ditandingi, minimal dalam delapan tahun terakhir yang selalu menempatkan wakilnya di semifinal. Bahkan, dalam lima tahun terakhir Inggris mampu menempatkan wakilnya di partai puncak, meski tidak selalu berhasil membawa pulang tropi Liga Champions.

Tidak seperti yang diramalkan para pemerhati sepakbola di seluruh dunia, kali ini dipastikan tidak ada wakil negeri Ratu Elizabeth di partai puncak Liga Champions. Kontingen Premier League hanya sampai perempatfinal saja. Liverpool sudah rontok di fase grup, Chelsea tersandung di 16 besar, MU dan Arsenal gagal melampaui delapan besar. Musim ini juga untuk pertama kalinya sejak musim 2002-2003 tidak ada wakil Inggris di semifinal.

Setidaknya, ini menunjukkan bahwa tidak ada lagi ‘negeri super’ dalam sepakbola, khususnya di daratan Eropa. Tim di luar negara Inggris sudah mulai bisa membaca kekuatan – sekaligus titik kelemahan – tim dari Premier League. Sebaliknya, tim dari daratan Inggris nampak belum banyak berubah dari pakem ‘tradisional’ sepakbola mereka, yang menganut kick and rush.

Kini, tinggal 4 tim yang tersisa di semifinal – Bayern Munich (Jerman, 4 kali juara), Inter Milan (Italia, 2 kali juara), Barcelona (Spanyol, 3 kali juara) dan Lyon (Prancis, belum pernah juara) – harus berjibaku meraih 2 tiket final, yang rencananya akan dipentaskan di Santiago Bernabeu (kandang Real Madrid, Spanyol), 27 Mei 2010.

Dan, terlalu dini untuk memprediksi siapa yang berhak dan pantas ‘mengangkat’ tropi kejuaraan sepakbola tertinggi di benua biru ini. Tetapi, melihat penampilan para semifinalis sampai pertandingan terakhirnya, nampaknya final ideal akan terjadi antara Barcelona melawan Bayern Munich. Pemenangnya – ini asli prediksi pribadi, sehingga agak subyektif, hehehe… -- tentu saja Barcelona. Apalagi final akan digelar di negeri matador, yang notabene ‘tuan rumah’ sendiri bagi Barcelona. Kita tunggu saja !
***
sumber foto: Getty Images






1 komentar:

  1. yah MU kalah jd sedih deh MU menagis dalam kemenangan, tp gpplah aq tetep dukun TIM faforit aq namanya juga permainan pasti ada yg menag dan kalah

    BalasHapus