Sugeng Pribadi. Powered by Blogger.

Photo in The Week

Photo in The Week
Naik becak di Cirebon

Statistik Blog

Followers

Mitra Blog

30 September 2013

Mengenal Keindahan Panorama 5 Pantai di Malang

Pesona Malang, Jawa Timur, juga tak lepas dari panorama pantai. Saat bertatapan langsung dengan pantai-pantainya, dijamin Anda langsung jatuh cinta dan betah di sana. Inilah 5 pantai dengan panorama tercantik di Malang. Mau tahu?

Kemanapun
anda berlibur, pantai selalu jadi target destinasi utama. Tak terkecuali saat Anda datang ke Malang, Jawa Timur. Pantai berpasir putih sampai pantai mirip Tanah Lot di Bali ada di Kota Malang tersebut.

Debur ombak dan panoramanya yang elok pun menjadi alasan wisatawan untuk berlama-lama di kota ini. 

1. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang, siapa sangka
daerah Malang punya pantai seindah Tanah Lot di Bali. Selain di Tanah lot, pemandangan pura di atas batu karang nan besar juga bisa wisatawan temui di pantai yang terletak di Kecamatan Bantur, Malang ini.

U
ntuk sampai di sana, anda harus menempuh jarak sekitar 65 km ke sebelah selatan Kota Malang. Berkat kecantikan panoramanya, Balekambang pun menjadi destinasi andalan Kabupaten Malang.

Panorama utama di sini,
anda bisa melihat tiga batu besar di lepas pantainya. Masyarakat sekitar menyebut batu karang ini dengan sebutan pulau, yaitu Pulau Anoman, Pulau Wisanggeni, dan Pulau Ismoyo.

Nah, Pulau Ismoyo ini jadi yang paling terkenal di mata wisatawan. Ya, di pulau ini terdapat pura nan megah layaknya di Tanah Lot. Hanya bedanya, untuk sampai di pulau ini, wisatawan tidak perlu menerobos ombak seperti di Bali. Anda bisa melewati jembatan selebar 1,5 meter yang menghubungkan antara pulau dengan pantai.

Selain itu, Pantai Balekambang juga mempunyai ombak yang besar. Tentu saja karena pantai ini masih berada di selatan Pulau Jawa. Walau dikenal sebagai Tanah Lot ala Pulau Jawa, di sini
anda juga bisa melakukan kegiatan berselancar.

Tidak sampai di situ, pasir pantainya yang putih serta air laut nan jernih menyempurnakan kecantikan pantai Balekambang. Walaupun sudah banyak pengunjung yang datang, pantai ini masih terlihat bersih dan terawat.

2. Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak, bisa dikatakan salah satu pantai yang belum terkenal di Malang. Meskipun begitu, pantai ini punya panorama yang sangat cantik dan tak kalah memesona dari pantai lain di Malang.

Sebenarnya, Pantai Kondang Merak hanya berjarak sekitar 2 km dari Pantai Balekambang. Namun sayang, akses jalan yang kurang memadai menyulitkan
wisatawan untuk sampai di pantai ini.

Konon, nama Kondang Merak bermula ketika penduduk setempat sering melihat burung merak singgah untuk meminum air tawar yang terdapat di pantai ini. Pantai itu pun menjadi terkenal karena burung meraknya, hingga munculah sebutan Pantai Kondang Merak.

Untuk bisa mendekatkan diri ke bibir pantai,
anda harus membeli tiket masuk seharga Rp 3.000 per orang. Tiket ini, bisa anda dapatkan di pintu gerbang pantai.

Sejuk dan alami, dua kata ini pantas diberikan untuk Pantai Kondang Merak. Pepohonan rindang menjadi latar belakang yang sangat sejuk. Bebatuan karang yang besar semakin melengkapi dekorasi pantai. Memiliki hamparan pasir putih kecoklatan membuat pantai ini semakin terlihat cantik.

Saat air laut mulai surut,
pengunjung akan melihat karang-karang yang muncul ke permukaan dan memperlihatkan kecantikannya. Pantulan sinar matahari yang mengenai dinding-dinding karang tersebut juga menimbulkan beragam warna cantik nan alami.

Di sini, Anda bisa berjalan-jalan dengan beralaskan karang. Hembusan angin yang berpadu dengan deburan ombak akan membawa wisatawan dalam suasana hati yang tenteram.

3. Pantai Ngliyep

Mau menikmati keindahan pantai berpasir putih di Malang? Silakan datang ke Pantai Ngliyep. Pantai ini terletak di Kecamatan Donomulyo, sekitar 62 km ke arah selatan Kota Malang. Letaknya yang berada di tepi Samudera Indonesia, menjadikan pantai ini punya lanskap alam yang luar biasa.

Melansir situs East Java, Wisata Malang, pantai ini punya keindahan alam yang masih natural dengan perpaduan tebing-tebing nan curam dan hutan lindung di sekeliling pantai. 

Di destinasi ini, wisatawan bisa berjemur, bermain pasir, atau hanya sekadar bersantai menunggu waktu sunset tiba. Sangat dipastikan bila bersantai di Pantai Ngliyep, Anda akan betah berlama-lama.

Selain itu, Anda juga bisa merasakan asyiknya beristirahat di pulau kecil yang bernama Gunung Kombang. Kebersihan pantai Ngliyep masih sangat terjaga. Meski punya pesona yang sangat menawan, pantai ini masih jarang didatangi oleh wisatawan, lho.

Bila beruntung, datanglah setiap tanggal 14 bulan Maulud dalam penanggalan Jawa. Pada waktu itu selalu diadakan Upacara Labuhan. Labuhan mempunyai arti memberikan sajian ke laut, sebagai ungkapan rasa syukur dan memanjatkan doa untuk diberi kesejahteraan.

Dalam upacara itu juga ada sesi mengorbankan kepala hewan kambing atau sapi ke dalam laut. Hal ini dipercaya sebagai sesaji untuk Kanjeng Ratu Kidul, Sang Ratu Laut Selatan.

4. Pantai Sendang Biru

Air laut yang jernih sepertinya menjadi daya tarik Pantai Sendang Biru. Kebanyakan wisatawan, mengenal pantai ini sebagai pintu masuk menuju Pulau Sempu. Tapi jangan salah, pantai ini juga punya panorama yang tak kalah cantik dari Sempu.

Seperti yang detikTravel lansir dari situs Wisata Pantai Indonesia, Sendang Biru adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur. Dari pusat Kota Malang, traveler harus menempuh pejalanan selama 2 jam untuk sampai di pantai ini.

Selain dikenal sebagai penghubung ke Pulau Sempu, Pantai Sendang Biru juga terkenal dengan panoramanya yang apik. Pasir putihnya yang bersih dan air lautnya yang biru jernih berkolaborasi menjadi pemandangan yang indah. Belum lagi warna-warni kapal nelayan yang terparkir rapi di tepi pantai, semakin membuat suasananya cerah.

Nah, traveler yang ingin berkeliling di lepas Pantai Sendang Biru bisa menyewa perahu milik nelayan. Biaya yang dipatok tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp 100.000 untuk kapal motor dan Rp 50.000 untuk perahu dayung.

Uniknya, di pantai ini masih ada adat yang dijalankan oleh masyarakat setempat. Wisatawan yang ingin menyeberangi laut menuju Pulau Sempu harus mengambil air tawar yang dinilai keramat. Jika Anda ingin menyaksikan tradisi tersebut, datanglah ke Pantai Sendang Biru pada tanggal 7 dan 8 bulan Syawal.

5. Pantai Goa China

Belum habis pantai cantik di Malang, masih ada Pantai Goa China yang terletak di Desa Bantengan, Malang. Pantai ini menjadi salah satu favorit wisatawan. 

Menurut masyarakat sekitar, pantai ini dinamakan Goa China karena dahulu ada seorang biksu yang sendag bertapa di dalam gua yang berada di pinggir laut. Namun, ketika sesorang masuk hanya ada tulang belulang sang biksu dan tulisan mandarin di di langit-langit gua.

Mitosnya, gua ini sering dijadikan tempat mencari 'nomor keberuntungan'. Akan tetapi, terlepas dari mitosnya, pantai tersebut juga menawarkan keindahan alam. Selain kebersihan pantai yng masih terjaga, di Pantai Goa China juga menyediakan area kemping untuk wisatawan berkemah.

Debur ombak dan seluruh alam di sekitar Pantai Goa China masih sangat perawan. Ya, tidak mudah memang untuk menuju pantai ini. Traveler harus melewati jalan yang berbatu, licin serta naik turun, layaknya jalanan di daerah perbukitan.
 ***
Sumber tulisan & foto: DetikTravel

1 comments

Post a Comment