09 April 2014

Pesona Alam Kebun Teh Wonosari (Malang)

Malang tak hanya terkenal akan agrowisata apelnya saja. Kota yang sering disebut mempunyai kemiripan dengan kota Bandung dalam hal iklimnya yang sejuk ini juga memiliki agrowisata teh. Wisata kebun teh di kota berjuluk Paris of East Java ini tak kalah menarik dengan agrowisata apelnya. Salah satu perkebunan atau agrowisata teh yang wajib Anda kunjungi yaitu Agrowisata Wonosari.

Kebun Teh Wonosari terletak di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang (perbatasan Surabaya–Malang). Agrowisata Wonosari merupakan kawasan kebun teh pertama di Jawa Timur yang dikonsep menjadi wisata kebun. Ide ini muncul dari almarhum Ir. Drs. Soebiarto MM, mantan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Direksi PTPN XII pada tahun 1998.


Agrowisata Wonosari menyuguhkan keindahan alam dan udara yang sejuk serta jauh dari polusi kendaraan. Memasuki kawasan ini, kesegaran udara sangat terasa sekali. Panorama pegunungan dan view kehijauan yang sungguh indah menjadikan tempat tersebut sangat ideal untuk melepas penat. Tak heran, banyak wisatawan baik lokal maupun asing tidak puas hanya sehari untuk menjelajahi perkebunan teh Wonosari. Banyak pula orang Belanda dan wisatawan asing lainnya yang seringkali datang ke Agrowisata Wonosari dan tinggal cukup lama. Mereka biasanya menginap di hotel yang memang sengaja disediakan pihak pengelola untuk para pengunjung.

Di kawasan ini, Anda juga bisa melihat langsung proses pengolahan daun teh yang hasilnya banyak diekspor ke luar Jawa, bahkan keluar negeri. Pengolahan tehnya sendiri melalui beberapa proses antara lain penerimaan pucuk teh, proses pelayuan, proses penggilingan, fermentasi, pengeringan, sortasi, pengepakan, dan pengiriman. Proses pengolahan teh ini dilakukan di pabrik teh peninggaalan zaman Belanda. Tak heran, banyak wisatawan asal Belanda maupun pengunjung lokal yang betah berlama-lama di sini.

Oya, banyak juga klub-klub komunitas Hash House Harrier yang rutin datang untuk melakukan tea walk di area Agrowisata Wonosari. Bahkan mereka menjadikan kebun teh ini sebagai tempat kegiatan rutin komunitasnya. Selain itu, sejumlah sekolah dan universitas di Jawa Timur juga sering mengadakan kegiatan di kawasan agrowisata ini. Di samping wisata edukasi, instansi-instansi tersebut juga menjadikan Agrowisata Wonosari sebagai arena camping dan kegiatan olahraga lainnya.

Menariknya, selain pesona alamnya yang asri, di tempat ini juga terdapat fasilitas yang lengkap berupa kolam renang hangat, kebun binatang mini, arena permainan outbound, penginapan, taman serta toko bunga. Anda dapat berbelanja bunga-bunga hias yang cantik di sini.

Bagi Anda penggemar olahraga, Agrowisata Wonosari juga menyediakan beberapa fasilitas seperti lapangan sepakbola, tenis, volley serta area untuk jogging. Lebih lengkapnya lagi kebun teh Wonosari menyediakan fasilitas berupa ruang pertemuan serta tempat pendidikan. Lahan yang cukup luas juga dapat digunakan oleh para pengunjung yang ingin melakukanoutbond di sana. Atau bisa juga menantang adrenalin dengan wahana ATV yang disediakan pengelola.

Nah, jika wisatawan ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah, Anda tak perlu khawatir. Agrowisata Wonosari menyediakan pusat oleh-oleh yang tak hanya menjual teh, namun juga makanan, minuman dan kerajinan menarik dari warga sekitar. Obyek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Tiket masuk untuk hari biasa adalah Rp 8.000, sedangkan pada waktu  weekend sebesar Rp 11.000.

Lokasi Agrowisata Wonosari terletak kurang lebih 30 km arah utara kota Malang, tepatnya di kaki Gunung Arjuno. Akses menuju ke sana cukup mudah. Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan angkutan umum dari kota Malang ke arah Surabaya. Sampai di Terminal Lawang, Anda harus berganti angkutan yang khusus menuju Wonosari. Jalannya cukup bagus, menanjak, dan agak berkelok-kelok. Jika datang satu rombongan, kita bisa menyewa atau menyarter kendaraan yang ada di terminal tersebut. Biasanya tarif yang digunakan sekali jalan hanya Rp 25.000.

***


Sources: http://surabaya.panduanwisata.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar