09 April 2018

Ayam Betutu, Makanan Khas Bali yang Paling Terkenal

Berbicara mengenai makanan khas Bali, pasti tidak akan jauh-jauh dari yang namanya Ayam Betutu.

Kuliner ini memang merupakan makanan yang paling digemari di pulau Bali dan sekaligus menjadi makanan yang paling terkenal, karena makanan ini menjadi salah satu menu andalan di hotel-hotel, rumah makan dan restoran yang ada di Bali.

Ya tentu saja hal itu membuat Ayam Betutu Bali menjadi masakan ayam yang begitu dikenal luas bagi para pengunjung Bali dari luar negeri maupun Indonesia.


Apa yang membuatnya begitu istimewa? Nama Betutu berasal dari kata be dan tunu. Be artinya daging, dan tunu artinya bakar. Jadi secara simpel, dapat disimpulkan sebagai daging ayam yang dibakar.

Kuliner ini pada dasarnya merupakan ayam bakar yang dilabur dengan bumbu khas Bali yang bernama base genep lalu di panggang di api sekam, akan tetapi bisa juga dimasak dengan cara direbus.

Sebenarnya, Ayam Betutu merupakan hidangan untuk upacara keagamaan dan upacara adat di Bali, seperti otonan, odalan, dan juga acara pernikahan. Namun karena ketenarannya, makanan ini sudah menjadi sebuah menu andalan di Bali dan sudah bisa dibeli oleh wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Ayam Betutu Bali bisa juga disebut Ayam Betutu Khas Gilimanuk.

Nah, sekarang kita akan membahas mengenai citarasa dari kuliner khas Bali ini. Kalau disimpulkan dalam 1 kalimat, Ayam Betutu adalah makanan yang nikmat dan pedas!

Biasanya masakan ini disajikan dengan sambel yang banyak diatasnya. Sangat tidak disarankan bagi anak-anak dan bagi Anda yang tidak tahan terhadap pedas. Tapi bisa juga Anda memesan ayam yang sudah dipisahkan sambelnya.

Namun selain nikmat dan pedas, tentu saja banyak bumbu yang digunakan sewaktu mengolah makanan ini dan membuat Ayam Betutu memiliki aroma yang harum dan khas.

Lihat saja bumbu Base Genep, yang merupakan bumbu khas Bali, terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabe rawit, jahe, gula merah, kencur, kemiri, kunyit, lengkuas, laos, serai, terasi, daun limau, daun salam, dan minyak kelapa.

Sedangkan bumbu untuk membuat aroma yang membangkitkan selera terdiri dari cengkeh, merica putih, merica hitam, ketumbar, kemiri, menyan, jangu, bangle, pala, tabia bun, dan kulit jeruk purut.

Ayam Betutu dihidangkan bersama kangkung yang diberi sambel diatasnya, kacang, dan juga sambel matah.

***

Sumber: greatnessindonesia.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar